Manfaat dibalik Filosofi Bunga Teratai

Bunga teratai atau yang juga memiliki nama latin “nymphaaea” ini adalah sejenis tanaman air dari suku Nymphaeaceae. Di Indonesia khususnya, jenis Kembang teratai ini umumnya digunakan untuk menyebut tanaman dari genus nelumbo atau lotus. Di jaman dulu orang – orang memang lebih sering mencampuradukkan antara tanaman genus nelumbo dengan genus nymphaea.

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa khususnya pada nelumbo ini sendiri adalah jenis bunga yang ada di bagian atas permukaan air (tidak mengapung), memiliki kelompak bersemu merah, bunga teratai dengan jenis ini bahkan memiliki warna putih hingga kuning, dan daunnya berbentuk lingkaran penuh, serta rimpangnya biasanya dikonsumsi.

Penjelasan Bentuk Bunga Teratai

Bunga teratai juga termasuk ke dalam jenis tanaman yang tumbuh dengan baik di permukaan air yang tenang. Bunga juga daun teratai ini ada di permukaan air, keluar dari tangkai yang asalnya dari rizoma yang ada di dalam lumpur tepatnya di bagian dasar kolam, sungai, maupun rawa – rawa bunga teratai tidak tumbuh dilaut.

Tangkai ada di bagian tengah – tengah daun. Daun dari bunga teratai ini memiliki bentuk bundar atau pun berbentuk oval lebar yang terpotong di jari – jari menuju ke bagian tangkainya. Kemudian untuk bagian permukaan daunnya sendiri tidak mengandung lapisan lilin, sehingga air yang jatuh ke permukaan daun teratai tidak akan membentuk butiran – butiran air.

Selain hal tersebut juga penting sekali untuk Anda tahu bahwa bunga yang ada di bagian tangkai teratai ini merupakan perpanjangan dari rimpang, dengan memiliki diamter bunga antara 5 cm – 10 cm. Teratai terdiri dari sekitar 50 spesies yang telah tersebar mulai dari wilayah tropis hingga ke daerah sub tropis di seluruh penjuru dunia. Bunga teratai yang tumbuh di daerah – daerah tropis biasanya berasal dari Mesir.

Bunga teratai biasanya dijadikan sebagai tanaman di kebun – kebun sebab bunganya yang indah dan cantik. Claude Monet adalah salah seorang pelukis profesional asal Perancis terkenal sekali dengan lukisan Kembang teratai. Tidak hanya memiliki keunikan, jenis bunga satu ini juga jadi tanaman air yang sangat elok.

Bunga teratai unik sekali sebab bisa tumbuh dengan baik di air yang sangat berlumpur sekalipun, warna bunga lebih cemerlang. Warna dari Kembang teratai ini jika putih maka lebih putih, jika merah maka akan lebih merah, dan bila merah muda maka akan tampak terang warnanya.

Manfaat Bunga Teratai untuk Kesehatan

Teratai pada dasarnya jadi bunga yang unik banget seperti yang sudah kami singgung di atas, sebab bunga jenis ini bisa hidup dan bertahan di atas permukaan air. Lain halnya dengan jenis tanaman, tumbuhan, atau bunga lain yang hidupnya di atas tanah, bunga teratai malah tumbuh dengan sangat subur di atas air. Anda pastinya bisa lebih mudah menemukan Kembang teratai ini di atas sebuah kolam ikan, atau pun di sungai – sungai yang airnya tenang.

Pada dasarnya selama ini ternyata masih ada banyak orang yang tidak tahu manfaat dan khasiat yang ditawarkan oleh jenis bunga satu ini, khususnya khasiat bunga teratai bagi kesehatan. Orang hanya tahu, jika kembang teratai tersebut hanya berguna untuk memberikan makanan pada ikan yang ada di kolam, sungai, atau rawa – rawa.

Selama ini memang banyak orang yang tidak tahu manfaat dari bunga teratai, terutama manfaat bunga teratai untuk kesehatan. Yang orang tahu, jika bunga tersebut hanya berguna untuk memberi makanan pada ikan yang ada di kolam.

Tetapi demikian, sebelum kami akan membahas tentang manfaat Kembang teratai bagi kesehatan ada baiknya di simak terlebih dulu ciri – ciri bunga teratai di bawah ini.

Ciri – ciri bunga Teratai

Ya, bunga ini pada dasarnya memiliki ciri – ciri khusus yang ternyata tidak banyak diketahui orang. Karena tidak semua jenis bunga yang hidup di atas air adalah bunga teratai. Di bawah ini dalah ciri spesifik dari teratai yang perlu Anda ketahui.

  • Untuk ciri – ciri bunga ini yang pertama adalah bunga tersebut merupakan jenis tumbuh – tumbuhan hidrofit. Jadi, kebanyakan tumbuhan teratai ini hidup di atas air.
  • Daun bunga teratai biasanya memiliki bentuk bulat yang tampak begitu cantik.
  • Diameter daun bunga teratai sekitar 1 m sampai dengan 2 m. Daun bunga yang lebar ini pada akhirnya membuat bunga tersebut lebih mudah dalam melakukan fotosintesis.
  • Kemudian tangkai dari bunga ini biasanya tumbuh menjalar sehingga akan tampak helaian – helaian daunnya yang mengapung di atas permukaan air tampak begitu cantik.
  • Tangkai dari bunga teratai ini terlihat tegak.
  • Akar dari bunga teratai tersebut tumbuh di bagian bawah air, batangnya bahkan juga ada di dalam air.
  • Bunga ini biasanya berkelopak – kelopak seperti halnya bunga mawar. Lapisan kelopak bunga teratai juga ada banyak sekali.
  • Perkembangbiakan bunga teratai biasanya menggunakan biji dan juga tunas.

 

Manfaat dari Kandungan yang ada dalam Bunga teratai

Selain ciri – ciri bunga teratai di atas, penting juga bagi Anda untuk mengetahui kandungan yang ada di dalam bunga tersebut. Kembang teratai pada dasarnya akan memberikan banyak sekali manfaatnya, khususnya apabila ingin digunakan untuk pengobatan herbal.

Adanya kandungan zat yang variatif di dalam bunga ini membuat jenis bunga ini bisa dan diklaim ampuh obati berbagai macam penyakit juga gangguan kesehatan. Di bawah ini akan kami informasikan kepada Anda berbagai macam kandungan yang ada di dalam bunga teratai yang masih belum banyak diketahui orang.

Obati batuk darah

Manfaat terbaik bunga teratai bisa atasi batuk darah yang diderita, seperti halnya pada manfaat alang – alang. Adanya kandungan asam nikotinat yang ada di dalam tumbuh – tumbuhan satu ini sangat bermanfaat sekali untuk hentikan muntah darah. Untuk mengobati batuk darah dengan bunga ini sebenarnya mudah sekali, pertama – tama silakan Anda buat bagian rimpang dari teratai sebagai jus. Jika sudah campurkan saja air matang sebanyak 200 cc. Silakan minum jus rimpang teratai ini secara rutin, minimal 3 kali sehari, maksimal 5 hari sekali.

Obati diare yang disertai muntah – muntah

Pada saat diare dan muntah – muntah, biasanya ada banyak orang yang kehilangan cairan di dalam tubuhnya dalam jumlah yang banyak sekali. Nah, untuk menggantikan cairan tubuh yang telah hilang tersebut Anda bisa banget memanfaatkan air dari jus rimpang bunga teratai. Kandungan mineral yang ada di dalamnya ternyata sangat berguna sekali untuk menambah cairan tubuh yang hilang. Caranya adalah sebagai berikut, pertama silakan Anda siapkan saja 50 gram rimpang bunga ditambahkan dengan 10 gram rimpang jahe. Jika sudah silakan cuci sampai bersih dengan air mengalir. Lalu jus kedua bahan tersebut, saring lalu minum air jusnya sebanyak 2 kali sehari.

Obati desentri

Tidak jauh berbeda dengan diare, seseorang yang terkena desentri ini biasanya alami kekurangan cairan, sehingga cairan di dalam tubuhnya harus diganti. Berikut ini adalah cara membuat ramuan herbal dari bunga teratai yang pastinya sangat bermanfaat sekali untuk obati desentri. Hal yang awal dilakukan siapkan 50gram rimpang Kembang teratai, dan 10gram jahe yang diparut lalu diperas. Tambahkan air bersih sebanyak 100 cc dan rebus sampai mendidih. Jika sudah dingin, campurkan saja dengan 1 sendok madu murni supaya sedikit manis. Aduk – aduk sampai rata sebelum akhirnya dikonsumsi.

Menormalkan tekanan darah

Penting sekali bagi Anda para penderita hipertensi untuk segera menurunkan tekanan darah tingginya, tujuan dari hal ini tidak lain adalah agar tidak terkena penyakit komplikasi. Manfaat tunas bunga teratai ternyata bisa banget menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal tersebut dikarenakan, dalam tunas bunga teratai punya kandungan lemak yang baik, dan bermanfaat sekali untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya mudah sekali, yakni dengan mengambil 10 gram biji Kembang teratai dan 15 gram tunas bunga. Jika sudah menyiapkan semua bahan – bahan tersebut silakan Anda campurkan dengan 350 cc air bersih. Kemudian rebus sampai airnya tersisa hingga 220 cc saja. Anda bisa meminum air rebusan ini secara teratur.

Obati mimisan

Kandungan manfaat zat besi yang ada di dalam bunga teratai ternyata ampuh mengobati mimisan. Selain hal tersebut zat besi di dalam bunga sangat bermanfaat sekali untuk membentuk sel darah merah baru. Caranya mudah sekali, silakan Anda ambil akar teratai lalu jus akar  tersebut. Saring air jus akar bunga teratai tersebut, lalu teteskan sedikit air jus tersebut ke dalam hidung Anda.

Obati panas dalam

Rimpang bunga teratai juga bisa dimanfaatkan untuk obati panas dalam, seperti manfaat bunga kundur. Caranya mudah sekali, yakni dengan menyiapkan 100 gram rimpang kembang teratai dalam keadaan bersih dan 50 graam alang – alang. Silakan rebus semua bahan – bahan tersebut dengan 500 cc air bersih. Jika airnya sudah tersisa 250 cc, maka saring dan minum air rebusan ini secara rutin.

Atasi bengkak dan iritasi

Biji bunga teratai ternyata juga bisa banget mengatasi bengkak dan iritasi di mata. Kandungan karoten yang ada di dalam biji kembang teratai tersebut sangat bermanfaat sekali untuk atasi berbagai masalah pada mata, termasuk halnya bengkak dan iritasi.

Berikut adalah cara pembuatannya, yakni dengan menyiapkan 3 gram biji bunga teratai dan 9 gram bunga seruni. Silakan tampung dengan menggunakan kain bersih, lalu kukus bahan – bahan yang sudah Anda siapkan tersebut kurang lebih selama 30 menit atau setengah jam. Ketika agak dingin, kompres mata Anda dengan menggunakan kain dan bahan tersebut. Silakan lakukan 2 kali sehari di pagi dan malam hari.

Menghilangkan stress

Stress bisa banget diatasi dengan menggunakan manfaat bunga teratai, caranya adalah dengan menyiapkan 20 butir biji kembang teratai, 15 gram biji kelengkeng, 10 butir buah angcao, dan 10 gram kim cim. Jika sudah, rebus saja semua bahan  – bahan tersebut dengan menggunakan 600 cc air. Sisakan hanya jadi 300 cc air saja, lalu minum air rebusannya.

Filosofi Bunga Teratai dan Keunikannya

Bunga teratai putih

Bunga teratai putih ini memiliki kelompok bunga yang berwarna putih bersih. Jenis teratai putih tersebut melambangkan kesucian, kesempurnaan pikiran, pencerahan, jiwa, dan spiritual. Warna putih bahkan juga jadi simbol kedamaian dan karakter pribadi seseorang yang kuat.

Bunga teratai merah muda

Lalu untuk jenis bunga teratai dengan warna merah muda atau pink ini sendiri merupakan kembang teratai yang melambangkan sebuah ketinggian derajat, maupun kedudukan. Dalam mitologi China sendiri, bunga teratai merah muda tersebut sering sekali dikaitkan dengan Dewa yang paling tinggi, yakni Buddha Sendiri.

Bunga teratai biru

Spesies dari bunga teratai ini pada dasarnya memiliki warna kelopak bunga yang terbilang tampak begitu cantik dan indah sekali, yakni dengan padu padan antara warna biru dan sedikit unsure warna keungu – unguan. Di bagian tengah bunga ini tersebut tersirat warna kuning yang merupakan kumpulan dari mahkota bunga teratai. teratai biru dipercaya jadi lambang semangat control atas satu diantara indera material. Bunga teratai ini bahkan juga dijadikan sebagai lambang kebijaksanaan, pengetahuan, dan juga kecerdasan.

Bunga teratai merah

lambangkan situasi hati yang murni. Lambang cinta, kasih sayang, emosi, nafsu, dan keaktifannya. Bunga teratai merah tersebut bahkan digambarkan dengan kelopak terbuka yang jadi lambang keindahan dan keterbukaan hati.

Demikian info dari bunga teratai dari manfaat dan filosofi bunga teratai.dan makna arti sebuah bunga teratai berdasarkan warna-warnanya yang ada.

 

Tinggalkan komentar